Minggu, 06 Oktober 2024

World Teacher Days 'Hari Guru Sedunia'

Sabtu, 05 Oktober 2024


Hari Guru Sedunia atau World Teachers' Day diperingati pada 5 Oktober setiap tahunnya. Peringatan Hari Guru Sedunia 5 Oktober diselenggarakan bersama dalam kemitraan dengan Organisasi Perburuhan Internasional (ILO), UNICEF, dan Education International (EI).
Hari Guru Sedunia adalah hari untuk merayakan upaya guru dalam mengubah pendidikan tetapi juga untuk merefleksikan dukungan yang mereka butuhkan.

Sejarah Hari Guru Sedunia adalah untuk memperingati diadopsinya Rekomendasi ILO/UNESCO 1966 tentang Status Guru seperti merujuk situs UNESCO.
Kemudian rekomendasi mengenai Status Tenaga Pengajar Pendidikan Tinggi diadopsi pada 1997 untuk melengkapi Rekomendasi 1966. Peringatan Hari Guru Sedunia diperingati sejak 1994.

Perayaan Hari Guru Sedunia ini bersifat global dan diakui secara internasional. Hari Guru Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap peran guru di seluruh dunia dalam pembangunan sosial dan ekonomi global.

Selain itu, UNESCO dan organisasi internasional lainnya juga sering mengadakan konferensi, seminar, dan kampanye global untuk membahas isu-isu pendidikan dan kesejahteraan guru.
Meskipun terdapat perbedaan Hari Guru Nasional dan Hari Guru Sedunia, keduanya tetap memiliki tujuan yang sama yaitu menghargai para guru dan memiliki konteks, serta cakupan yang berbeda.

Hari Guru Nasional lebih fokus pada penghargaan terhadap guru dalam tataran Indonesia, sementara Hari Guru Sedunia dimaknai secara global. Yang terpenting, kedua perayaan ini mengingatkan kita akan peran krusial guru dalam membentuk masa depan melalui pendidikan. Selamat Hari Guru Sedunia!

0 Comments:

Posting Komentar

Kontak Kami

DPPKBPM Kita

Disiplin, BerAKHLAK, Melayani

Alamat:

Jl. Brigjen H. Hasan Basri - Kayutangi II RT 16 Banjarmasin

Jam Kerja:

Senin - Kamis dari 8.00 sampai 16.30 dan Jum'at dari 7.30 sampai 11.00

Telepon Kantor:

(0511) 3301346